Mengenal Bisnis Online Sistem Piramida

Kali ini kami akan ulas mengenai Mengenal Bisnis Online Sistem Piramida. Selain bisnis Direct Selling (DS) dan Multi Level Marketing (MLM), ada juga sistem bisnis lain yang hampir mirip yaitu Sistem Piramida atau skema piramida (SP). Untuk penjelasan bisnis sistem piramida selengkapnya simak uraiannya di bawah ini :

Mengenal Bisnis Online Sistem Piramida

Pengertian Sistem Piramida atau Skema Piramida

Sistem Piramida atau skema piramida adalah cara mendapatkan uang dengan cara merekrut anggota serta mewajibkannya menginvestasikan sejumlah uang, kadang-kadang disertai dengan produk yang harus dibeli untuk dijual kembali atau dipakai sendiri. Sistem keanggotaan bertingkat di mana anggota senior mendapatkan keuntungan lebih dulu dengan cara menerima dari bayaran atau investasi yang dilakukan oleh anggota baru di bawahnya.

Skema Piramida (SP) menjanjikan mendapatkan keuntungan besar dengan sedikit usaha atau bahkan tanpa berusaha sama sekali. Anggota hanya perlu mencari anggota baru untuk diajak bergabung, bila anggota baru yang menjadi downline-nya telah membayar sejumlah biaya keanggotaan dan investasi, barulah si Perekrut mendapatkan kembali investasi yang sudah ditanamkannya pada SP.

Aturan dan ciri-ciri Sistem Piramida

Berikut ini beberapa aturan dan juga ciri-ciri bisnis sistem piramida

  • Biaya keanggotaan berikut paket produk sangat mahal.
  • Harga jual produk-produknya sangat mahal melebihi harga wajar.
  • Sistem mirip Multi Level Marketing (MLM), tetapi tidak sama. Misalnya masing-masing anggota dibatasi hanya boleh merekrut maksimum 2 orang. Dua orang tersebut harus merekrut dua orang lain lagi dan seterusnya hingga terbentuk sebuah piramida.
  • Satu orang anggota boleh membeli lebih dari 1 keanggotaan (disebut kaveling).
  • Imbalan diberikan berdasarkan terkumpulnya anggota yang berhasil diajak bergabung oleh seorang anggota senior.
  • Penjualan dan pelatihan produk tidak penting, bahkan sering tidak ada.
  • Anggota senior atau upline tidak membimbing atau mengawasi anggota rekrutannya atau downline.
  • Masa keanggotaan kadangkala berlangsung sangat singkat (hanya sampai dengan terbentuknya suatu format tertentu). Berbeda dari perusahaan penjualan langsung, di mana anggota dapat aktif minimal 1 tahun atau bahkan seumur hidup.
  • Program pemasaran skema piramida rumit dan sulit dipelajari
  • Jalannya organisasi dan pembagian keuntungan tidak jelas.
  • Titik berat pada rekruting, bukan pada penjualan.

Perbedaan antara Direct Selling dan Sistem Piramida (SP)

Berikut ini ditampilkan tabel dari perbedaan antara penjual langsung dan penjualan langsung dengan sistem piramida yang diambil langsung dari situs APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).

No Direct Selling Sistem Piramida
1. Sudah dimasyarakatkan dan diterima hampir di seluruh dunia. Sudah banyak negara yang melarang dan menindak perusahaan dengan sistem ini, bahkan pengusahanya ditangkap pihak yang berwajib.
2. Berhasil meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para anggotanya dari level atas sampai level bawah. Hanya menguntungkan bagi orang-orang yang pertama atau lebih dulu bergabung sebagai anggota, atas kerugian yang mendaftar belakang.
3. Keuntungan / keberhasilan Mitra Usaha ditentukan dari hasil kerja dalam bentuk penjualan / pembelian produk / jasa yang bernilai dan berguna untuk konsumen. Keuntungan atau keberhasilan anggota ditentukan dari seberapa banyak merekrut orang lain yang menyetor sejumlah uang sampai terbentuk satu format Piramida.
4. Setiap orang hanya berhak menjadi Mitra Usaha sebanyak satu kali saja. Setiap orang boleh menjadi anggota berkali-kali dalam satu waktu tertentu, menjadi anggota disebut dengan membeli kaveling, jadi satu orang boleh membeli beberapa kaveling.
5. Biaya pendaftaran menjadi anggota tidak terlalu mahal, masuk akal dan imbalannya adalah Starter Kit yang senilai. Biaya pendaftaran tidak dimaksudkan untuk memaksakan pembelian produk dan bukan untuk mencari untung dari biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran anggota sangat tinggi, biasanya disertai dengan produk-produk yang jika dihitung harganya menjadi sangat mahal (tidak sesuai dengan produk sejenis yang ada di pasaran). Jika seorang anggota lebih banyak merekrut orang lain, maka barulah bisa mendapatkan keuntungan, dengan kata lain keuntungan didapat dengan merekrut lebih banyak anggota, bukan dengan penjualan yang lebih banyak.
6. Keuntungan yang didapat Mitra Usaha dihitung berdasarkan hasil penjualan dari setiap anggota jaringannya. Keuntungan yang didapat anggota dihitung berdasarkan sistem rekruting sampai terbentuk format tertentu.
7. Jumlah orang yang direkrut anggota tidak dibatasi, tetapi dianjurkan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Jumlah anggota yang direkrut dibatasi. Jika ingin merekrut lebih banyak lagi, harus menjadi anggota (membeli kaveling) lagi.
8. Setiap Mitra Usaha sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang menumpuk barang (Inventory Loading) karena di dalam jualan langsung yang terpenting adalah produk yang dibeli bisa dipakai dan dirasakan khasiat / kegunaannya oleh konsumen. Setiap angota dianjurkan untuk menjadi angota berkali-kali di mana setiap kali menjadi angota harus membeli produk dengan harga yang tidak masuk akal. Hal ini menyebabkan banyak sekali anggota yang menimbun barang dan tidak dipakai.
9. Program pembinaan Mitra Usaha sangat diperlukan agar didapat anggota yang berkualitas tinggi. Țidak ada program pembinaan apa pun juga, karena yang diperlukan hanya rekruting saja.
10. Pelatihan produk menjadi hal yang sangat penting, karena produk harus dijual sampai ke tangan konsumen. Țidak ada pelatihan produk, sebab komoditas hanyalah rekrut keanggotaan. Produk dalam sistem ini hanyalah suatu kedok saja.
11. Setiap upline sangat berkepentingan dengan meningkatnya kualitas dari para downline-nya, kesuksesan seorang Mitra Usaha dapat terjadi jika downline-nya sukses. Keberhasilan upline ikut ditentukan dari keberhasilan downline. Para upline hanya mementingkan rekruting orang baru saja. Apakah downline berhasil atau tidak, bukanlah merupakan perhatian dari upline.
12. Merupakan salah satu peluang berusaha yang baik di mana setiap Mitra Usaha harus terus melakukan pembinaannya untuk jaringannya. Tidak bisa hanya menunggu. Bukan merupakan suatu peluang usaha, karena yang dilakukan lebih menyerupai untung-untungan, di mana yang perlu dilakukan hanyalah membeli kaveling dan selanjutnya hanyalah menunggu.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Sistem Piramida

Perincian tentang keuntungan dan kerugian dari sistem Piramida yang mungkin akan Anda jadikan sebagai salah satu peluang bisnis online yaitu sebagai berikut :

Kelebihan Sistem Piramida

  • Bisa mempunyai banyak downline.
  • Bisa berkali-kali menjadi anggota untuk organisasi yang sama.
  • Keuntungan/laba didapat hanya dengan mengajak orang bergabung.
  • Tidak perlu atau hanya sedikit menjual produk.

Kerugian Sistem Piramida

  • Biaya keanggotaan mahal.
  • Harus mengajak orang bergabung agar mendapat kembali investasi yang sudah dikeluarkan.
  • Produk yang dijual tidak ada, kalaupun ada harganya terlalu mahal.
  • Tidak ada bimbingan atau pelatihan penjualan produk seperti pada DS.
  • Jangka waktu keanggotaan pendek.
  • Sistem Piramida sudah dilarang secara hukum dan lebih banyak unsur penipuan.

Demikian informasi tentang Mengenal Bisnis Online Sistem Piramida, semoga post ini membantu kalian. Kami berharap post ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat. Bila ingin mulai usaha gabung aja bersama Pijar Rabbani. Karena kami memiliki program peluang bisnis bagi yang punya keinginan besar dalam berbisnis.

Referensi:

  • Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)
  • Bisnis Online dan Internet Marketing

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
Peluang Bisnis Synergy Produk Synergy Solusi Kesehatan Synergy
Peluang Bisnis Synergy
Cara Mendaftar Menjadi Member Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Pilihan Paket Program Smart Detox
Smart Detox Synergy Aman dan juga Berkualitas
Digital Media Rekening Online Sumber Penghasilan Online Sumber Promosi Online Website
Cara Mempromosikan Akun Instagram dengan Cepat
Cara Mempromosikan Akun Instagram dengan Cepat
Cara Mudah Memaksimalkan Marketing Bisnis Melalui Twitter
Cara Mudah Memaksimalkan Marketing Bisnis Melalui Twitter
Browser Tambahan yang Akan Mempermudah Marketing Online
Browser Tambahan yang Akan Mempermudah Marketing Online
Peluang Bisnis
bisnis warung bubur kacang hijau dan mie instan
Bisnis Warung Bubur Kacang Hijau dan Mie Instan
Peluang Usaha Konveksi Door to Door
Peluang Usaha Konveksi Door to Door
Usaha Jus Buah Segar Menjanjikan Keuntungan Menggiurkan
Usaha Jus Buah Segar Menjanjikan Keuntungan Menggiurkan
Merencanakan Diet yang Baik dan juga Berkesan
Merencanakan Diet yang Baik dan juga Berkesan
Prinsip Diet Sehat yang Efektif dan Efisien
Prinsip Diet Sehat yang Efektif dan Efisien
Manfaat Melakukan Diet bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Melakukan Diet bagi Kesehatan Tubuh
Alasan dan Motivasi dalam Berdiet
Alasan dan Motivasi dalam Berdiet
pasar valuta asing menjadi tempat investasi alternatif
Pasar Valuta Asing menjadi Tempat Investasi Alternatif
Sejarah Perkembangan Pasar Modal di Negara Indonesia
Sejarah Perkembangan Pasar Modal di Negara Indonesia
Paham Ilmu Investasi Pasar Modal
Paham Ilmu Investasi Pasar Modal
Rahasia Terbesar Investasi agar Kekayaan Berkembang
Rahasia Terbesar Investasi agar Kekayaan Berkembang